1. Analisis Data (Hasil Pengolahan Data)
Dalam pelaksanaan perbaikan pembelajaran pada mata pelajaran Matematika dan Bahasa Indonesia, banyak sekali hal-hal yang ditemukan. Adapun temuan itu sebagai berikut :
Tabel 5
a. Pada Mata Pelajaran Matematika :
Masalah yang ditemukan | Proses yang dilakukan | Hasil yang diperoleh |
Pada Siklus I Siswa kurang memahami konsep pembagian pecahan. | - Memberikan penjelasan konsep pembagian pecahan. - Membuktikan konsep pembagian pecahan dengan menggunakan batang pecahan. - Memberikan soal-soal latihan. - Membimbing siswa dalam mengerjakan soal-soal latihan. | Siswa dapat memahami konsep pembagian pecahan yang dibuktikan dari hasil evaluasi. |
Pada Siklus II Siswa belum mampu mampu melakukan operasi pembagian bilangan asli dengan pecahan biasa. | - Memberikan penjelasan tentang operasi pembagian bilangan asli dengan pecahan biasa. - Membuktikan hasil bagi bilangan asli dengan pecahan biasa menggunakan potongan karton. - Memberikan soal-soal latihan. - Membimbing siswa dalam mengerjakan soal-soal latihan. | Siswa mampu melakukan operasi pembagian bilangan asli dengan pecahan biasa yang dibuktikan dari penilaian akhir. |
Pada Siklus III Siswa mengalami kesulitan dalam menentukan hasil bagi pecahan biasa dengan pecahan biasa. | - Memberikan penjelasan dalam menentukan hasil bagi pecahan biasa dengan pecahan biasa. - Membuktikan hasil bagi pecahan biasa dengan pecahan biasa menggunakan potongan karton. - Memberikan soal-soal latihan. - Membimbing siswa dalam mengerjakan soal latihan. | Siswa dapat menentukan hasil bagi pecahan biasa dengan pecahan biasa yang dibuktikan dari penilaian akhir. |
Berdasarkan masalah yang ditemukan dan proses yang dilakukan serta hasil yang diperoleh, maka sangat perlu penulis laporkan nilai yang dicapai siswa dari pelaksanaan perbaikan pembelajaran Matematika sebagai berikut :
Tabel 6
Perolehan Nilai Siswa
Mata Pelajaran Matematika Kelas V Semester 2
SD Negeri 2 Citundun
No. | Nama Siswa | Perolehan Nilai | ||
Siklus I | Siklus II | Siklus III | ||
1. | Agus Sarifudin | 80 | 80 | 100 |
2. | Ahdi | 70 | 70 | 80 |
3. | Astrid Oktaviani | 70 | 80 | 80 |
4. | Chatalia Vita AIba | 70 | 80 | 80 |
5. | Fitriyani Nurhasanah | 70 | 70 | 80 |
6. | Itang Sutrisno | 80 | 80 | 100 |
7. | Jaka Umbara | 60 | 60 | 70 |
8 | Leni Rahayu | 60 | 70 | 80 |
9. | Lilis Lisnawati | 60 | 60 | 70 |
10. | Ratna Siti Sarah | 70 | 80 | 100 |
11. | Rina | 60 | 60 | 70 |
12. | Rina Indah Hastuti | 90 | 100 | 100 |
13. | Riki Fernando | 50 | 60 | 70 |
14. | Robi Waluya | 70 | 70 | 70 |
15 | Rumtini | 70 | 70 | 80 |
16. | Sigit Eka Nugraha | 80 | 80 | 100 |
17. | Sutarno Riadi | 80 | 100 | 100 |
18. | Taufik Arohman | 30 | 60 | 70 |
19. | Tiah Sri Damayanti | 70 | 80 | 80 |
20. | Tuti Haryanti | 60 | 60 | 70 |
21. | Yani Nuryani | 60 | 70 | 70 |
22. | Susi Puja Lestari | 60 | 70 | 70 |
Jumlah | 1470 | 1590 | 1790 | |
Rata-rata | 66,8 | 72,3 | 81,4 | |
Prosentase Keberhasilan | 66,8% | 72,3% | 81,4% |
Berdasarkan tabel diatas nilai siswa pada mata pelajaran Matematika menunjukkan kemajuan. Hal ini dapat direkap berdasarkan gradasi nilai keberhasilan. Gradasi nilai keberhasilan yang digunakan adalah :
1. 80 - 100 : sangat berhasil.
2. 60 - 79 : berhasil.
3. 40 - 59 : cukup berhasil.
4. 20 - 39 : kurang berhasil.
5. 0 - 19 : tidak berhasil (Tatang Sunendar, 2007).
Tabel 7
Rekapitulasi Nilai Mata Pelajaran Matematika Kelas V Semester 2
SD Negeri 2 Citundun
No. | Gradasi Nilai | Jumlah siswa Yang memperoleh nilai | Jumlah | Keterangan | ||
Siklus I | Siklus II | Siklus III | ||||
1. | 80 - 100 | 5 | 8 | 9 | 22 | Sangat berhasil. |
2. | 60 - 79 | 15 | 13 | 13 | 41 | Berhasil. |
3. | 40 - 59 | 1 | 1 | - | 2 | Cukup berhasil. |
4. | 20 - 39 | 1 | - | - | 1 | Kurang berhasil. |
5. | 0 - 19 | - | - | - | - | |
Jumlah siswa | 22 | 22 | 22 | 66 |
Dari data diatas tentang rata-rata nilai yang diperoleh oleh siswa dari mulai siklus satu sampai dengan siklus tiga, dapat penulis gambarkan sebagai berikut :
Grafik Perolehan Nilai Matematika Kelas V, Semester 2
SD Negeri 2 Citundun
Dengan memperhatikan grafik diatas, nilai rata-rata siswa pada siklus I sebanyak 66,8%, siklus II 72,3% dan siklus III 81,4%. Hal ini menunjukan bahwa tingkat keberhasilan siswa dalam perbaikan pembelajaran terus meningkat. Tingkat perbaikan yang dicapai 14,6%.
Tabel 8
b. Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
Masalah yang ditemukan | Proses yang dilakukan | Hasil yang diperoleh |
Pada Siklus I - Siswa kurang konsentrasi dalam pembelajran. - Siswa belum bisa menjawab pertanyaan tentang tokoh-tokoh dengan sifatnya pada cerita,”Si Kabayan Menangkap Rusa.” | - Siswa diberi motivasi dalam konsentrasi pembelajaran. - Siswa diberi tuntunan dalam menyimak cerita pendek. | - Siswa berkonsentrasi dalam pembelajaran - Siswa dapat menjawab tokoh-tokoh dengan sifatnya. |
Pada Siklus II Siswa mengalami mengalami kesulitan dalam menentukan tema pada cerita, “Si Kabayan Menangkap Rusa”. | Memberikan bimbingan dalam menentukan isi pokok cerita. | Siswa mampu menentukan tema pada cerita, “Si Kabayan Menangkap Rusa.” |
Pada Siklus III Siswa kurang lancar dalam menceritakan kembali isi cerita, “Bawang Merah dan Bawang Putih.” | Guru memberikan contoh dalam penerapan unsur-unsur cerita. | Siswa mampu menceritakan kembali isi cerita, “Bawang Merah dan Bawang Putih.” |
Berdasarkan masalah yang ditemukan dan proses yang dilakukan serta hasil yang diperoleh pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, maka penulis laporkan perolehan nilai siswa sebagai berikut :
Tabel 9
Perolehan Nilai Siswa
Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V Semester 2
SD Negeri 2 Citundun
No. | Nama Siswa | Perolehan Nilai | ||
Siklus I | Siklus II | Siklus III | ||
1. | Agus Sarifudin | 70 | 80 | 100 |
2. | Ahdi | 60 | 70 | 80 |
3. | Astrid Oktaviani | 70 | 80 | 80 |
4. | Chatalia Vita AIba | 60 | 70 | 80 |
5. | Fitriyani Nurhasanah | 60 | 70 | 80 |
6. | Itang Sutrisno | 60 | 80 | 90 |
7. | Jaka Umbara | 50 | 60 | 70 |
8 | Leni Rahayu | 60 | 70 | 70 |
9. | Lilis Lisnawati | 50 | 60 | 80 |
10. | Ratna Siti Sarah | 70 | 80 | 100 |
11. | Rina | 50 | 60 | 70 |
12. | Rina Indah Hastuti | 80 | 90 | 100 |
13. | Riki Fernando | 50 | 60 | 70 |
14. | Robi Waluya | 60 | 70 | 80 |
15 | Rumtini | 60 | 70 | 80 |
16. | Sigit Eka Nugraha | 70 | 80 | 90 |
17. | Sutarno Riadi | 70 | 90 | 100 |
18. | Taufik Arohman | 30 | 50 | 70 |
19. | Tiah Sri Damayanti | 70 | 80 | 80 |
20. | Tuti Haryanti | 50 | 60 | 70 |
21. | Yani Nuryani | 50 | 60 | 80 |
22. | Susi Puja Lestari | 60 | 70 | 80 |
Jumlah | 1310 | 1560 | 1800 | |
Rata-rata | 59,5 | 70,9 | 81,8 | |
Prosentase Keberhasilan | 59,5% | 70,9% | 81,8% |
Berdasarkan tabel diatas nilai siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia menunjukan keberhasilan yang meningkat. Hal ini dapat direkap berdasarkan gradasi nilai keberhasilan. Gradasi nilai keberhasilan yang digunakan adalah :
1. 80 - 100 : sangat berhasil.
2. 60 - 79 : berhasil.
3. 40 - 59 : cukup berhasil.
4. 20 - 39 : kurang berhasil.
5. 0 - 19 : tidak berhasil (Tatang Sunendar, 2007).
Tabel 10
Rekapitulasi Nilai Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V Semester 2
SD Negeri 2 Citundun
No. | Gradasi Nilai | Jumlah siswa Yang memperoleh nilai | Jumlah | Keterangan | ||
Siklus I | Siklus II | Siklus III | ||||
1. | 80 - 100 | - | 9 | 14 | 23 | Sangat berhasil |
2. | 60 - 79 | 15 | 13 | 8 | 36 | Berhasil |
3. | 40 - 59 | 6 | - | - | 6 | Cukup berhasil |
4. | 20 - 39 | 1 | - | - | 1 | Kurang berhasil |
5. | 0 - 19 | - | - | - | - | |
Jumlah siswa | 22 | 22 | 22 | 66 |
Dari data diatas dapat penulis gambarkan rata-rata nilai yang diperoleh siswa dengan grafik batang sebagai berikut :
Grafik Perolehan Nilai Bahasa Indonesia Kelas V, Semester 2
SD Negeri 2 Citundun
Berdasarkan grafik diatas, nilai rata-rata yang dicapai siswa pada siklus I 59,5%, siklus II 70,9% dan siklus III 81,8%. Hal ini menunjukan perbaikan pembelajaran yang meningkat. Adapun tingkat keberhasilan perbaikan sebesar 22,3%.
2. Deskripsi Temuan dan Refleksi
Hasil temuan dan refleksi serta pengamatan teman sejawat dari pelaksanaan perbaikan pembelajaran diketahui bahwa :
a. Mata Pelajaran Matematika
Pada mata pelajaran Matematika dengan materi operasi pembagian berbagai bentuk pecahan dilaksanakan dalam 3 siklus dengan hasil sebagai berikut:
Siklus I
Berdasarkan hasil siklus pertama diketahui bahwa :
· Siswa dapat memahami konsep pembagian pecahan dengan menggunakan alat peraga batang pecahan yang dilanjutkan dengan mengerjakan soal-soal latihan. Dalam siklus pertama guru masih kelihatan mendominasi pembelajaran serta interaksi antara siswa dan guru masih kurang.
· Hasil tes yang dicapai siswa menunjukkan sebagai berikut:
Tabel 11
Hasil rata-rata | Prosentase | Kategori |
66,8 | 66,8 % | Berhasil |
Siklus II
Berdasarkan hasil siklus kedua diketahui bahwa :
· Siswa mampu melakukan operasi pembagian bilangan asli dengan pecahan biasa dengan menggunakan alat peraga potongan karton, yang dilanjutkan dengan mengerjakan soal-soal latihan yang dibimbing oleh guru. Dalam siklus kedua dominasi guru berkurang dalam pembelajaran, serta interaksi siswa dengan guru cukup.
· Hasil tes yang dicapai siswa menunjukkan sebagai berikut :
Tabel 12
Hasil rata-rata | Prosentase | Kategori |
72,3 | 72,3 % | Berhasil |
Siklus III
Berdasarkan hasil siklus ketiga diketahui bahwa :
· Siswa dapat menentukan hasil bagi pecahan biasa dengan pecahan biasa dengan menggunakan alat peraga potongan karton yang bernilai pecahan dan dilanjutkan dengan mengerjakan soal-soal latihan yang dibimbing oleh guru. Dalam siklus ini siswa mendominasi dalam pembelajaran, serta interaksi antara siswa dengan guru sangat baik.
· Hasil tes yang dicapai siswa menunjukkan sebagai berikut :
Tabel 13
Hasil rata-rata | Prosentase | Kategori |
81,4 | 81,4 % | Sangat berhasil |
b. Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
Pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan materi pokok Cerita pendek anak dengan tujuan mengidentifikasi unsur-unsur cerita dilakasanakan dalam 3 siklus dengan hasil sebagai berikut :
Siklus I
Berdasarkan hasil siklus pertama diketahui bahwa :
· Siswa dapat menjelaskan tokoh-tokoh dan sifatnya dalam cerita pendek anak, tetapi siswa belum sepenuhnya berkonsentrasi dalam pembelajaran.
· Guru tidak menggunakan media pembelajaran dan kurang memberikan motivasi dalam pembelajaran terhadap kerja kelompok siswa sehingga siswa kurang aktif.
· Hasil tes yang dicapai siswa menunjukkan sebagai berikut :
Tabel 14
Hasil rata-rata | Prosentase | Kategori |
59,5 | 59,5 % | Cukup berhasil. |
Siklus II
Berdasarkan hasil siklus kedua diketahui bahwa:
· Siswa dapat menentukan latar dan tema pada cerita pendek anak dan siswa mulai konsentrasi penuh dalam pembelajaran.
· Guru mulai menggunakan media dalam pembelajaran dan memberikan motivasi terhadap kerja kelompok siswa sehingga siswa mulai aktif.
· Hasil tes yang dicapai siswa menunjukkan sebagai berikut:
Tabel 15
Hasil rata-rata | Prosentase | Kategori |
70,9 | 70,9 % | Berhasil. |
Siklus III
Berdasarkan hasil siklus ketiga diketahui bahwa :
· Siswa mampu menceritakan kembali isi cerita pendek anak dengan lancar.
· Guru menggunakan media pembelajaran audio visual (VCD) dan selalu memberikan motivasi terhadap kerja kelompok sehingga siswa sangat aktif dalam pembelajaran.
· Hasil tes yang dicapai siswa menunjukkan sebagai berikut :
Tabel 16
Hasil rata-rata | Prosentase | Kategori |
81,8 | 81,8 % | Sangat berhasil. |
a. Pembahasan
Keberhasilan pembelajaran ditunjukkan dengan dikuasainya tujuan pembelajaran oleh siswa. Salah satu faktor keberhasilan dalam pembelajaran adalah faktor kemampuan guru dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran. Kegiatan pembelajaran yang efektif tidak dapat muncul dengan sendirinya tetapi guru harus menciptakan pembelajaran yang memungkinkan siswa mencapai tujuan yang telah ditetapkan secara optimal. Banyak peran yang harus dimainkan guru dalam upaya pelaksanaan perbaikan pembelajaran yang efektif.
Dalam pembelajaran Matematika dengan materi operasi pembagian berbagai bentuk pecahan dilakukan proses perbaikan pembelajaran sebagai berikut :
a. Pelaksanaan perbaikan pembelajaran dimulai dari yang sederhana kepada yang kompleks, dari yang mudah kepada yang sulit, yaitu dimulai dengan memberikan penjelasan mengenai konsep pembagian pecahan yang dilanjutkan dengan operasi pembagian bilangan asli dengan pecahan biasa serta pembagian pecahan biasa dengan pecahan biasa .
b. Untuk membantu siswa agar tidak verbalisme terhadap operasi pembagian berbagai bentuk pecahan proses pembelajaran dimulai dari yang konkret kepada yang abstrak yakni dengan menggunakan alat peraga batang pecahan dan potongan karton yang bernilai pecahan yang dilanjutkan kepada operasi pembagian pecahan.
c. Dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap operasi pembagian berbagai bentuk pecahan siswa diberikan latihan soal-soal pembagian pecahan. Dengan mengerjakan soal-soal latihan tersebut siswa dapat terlibat secara aktif dalam belajar.
Proses pelakasanaan perbaikan pembelajaran diatas sangat sesuai dengan implikasi dari teori sebagai berikut :
a. Tabrani Rusyan (1993:22) yang menyatakan bahwa, “ Proses Belajar Mengajar harus berlangsung dari yang sederhana meningkat kepada yang kompleks, dari yang mudah kepada yang sulit”. Selain itu beliau berpendapat bahwa : “ Pelaksanaan latihan dan ulangan akan memperkuat hasil belajar, sebaliknya tanpa latihan dan ulangan maka hasil belajar akan hilang atau melemah”.
b. Jean Piaget (Abin Syamsudin, 2006:1.8) yang mengisyaratkan bahwa, “Kemampuan berpikir anak dengan orang dewasa itu berbeda.” Implikasinya berarti bahwa sekuensi (urutan) bahan pembelajaran dan metode pembelajaran harus menjadi perhatian utama. Anak akan sulit memahami bahan pelajaran jika sekuensi bahan pelajaran itu loncat-loncat. Bagi anak SD pengoperasian suatu bilangan harus menggunakan benda-benda nyata, karena tahap perkembangan berpikir mereka baru mencapai operasi konkret.
c. Wisnubrata Hendrojuwana (1990) menyatakan bahwa, “ Experiential learning merupakan suatu urutan peristiwa satu atau lebih tujuan belajar yang ditetapkan, yang mensyaratkan keterlibatan siswa secara aktif pada salah satu hal yang dipelajari.” Pelajaran disajikan, diilustrasikan, disoroti, dan idukung melalui keterlibatan siswa. Prinsip utama experiential learning ini adalah seseorang belajar paling baik apabila ia melakukannya.
Sedangkan dalam pelaksanaan perbaikan pembelajaran Bahasa Indonesia dengan materi Cerita Pendek Anak dengan tujuan mengidentifikasi unsur-unsur cerita yang dilakukan adalah:
a. Pada kegiatan awal yang dilakukan adalah mengkondisikan siswa pada situasi belajar yang kondusif.
b. Agar dalam proses pembelajaran siswa berkonsentrasi penuh dilakukan motivasi terhadap belajar siswa .
c. Menggunakan dan mengoptimalkan kerjasama dalam kerja kelompok siswa. Siswa perlu mengembangkan hubungan antar personal yang memberikan dukungan belajar dalam kerja kelompok. Hubungan antar personal dalam kerja kelompok diperlukan agar siswa merasa terkait dan berhubungan dengan siswa lain dalam suasana saling percaya, saling menghargai dan saling memperhatikan . Disamping itu hubungan antar personal dalam kerja kelompok juga memberikan kesempatan kepada siswa melatih kemandirian, membuat keputusan sendiri dan berani menyatakan pendapat.
d. Adapun media yang digunakan dalam pembelajaran cerita pendek diatas adalah media audio visual (VCD). Media ini dapat membantu proses pembelajaran yang berfungsi memperjelas makna pesan yang disampaikan sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan sempurna.
Sistem pelaksanaan perbaikan pembelajaran tersebut sangat sesuai dengan teori yang dikemukakan oleh :
a. Rogers (Anthony J. Sutich dan Miles A Vich, 1969) yang menyatakan bahwa: “Dalam proses pembelajaran, guru berperan aktif dalam hal menciptakan iklim kelas yang kondusif dan sikap positif terhadap pembelajaran.”
b. Ames dan Archer (1987) menyatakan bahwa: “Guru dapat merubah (meningkatkan) motivasi belajar siswa dengan cara melakukan tindakan tertentu di dalam kelas untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.”
c. Keller (1987) dengan teori expectancy value yang berpendapat bahwa: “Motivasi yang di lihat dari usaha siswa merupakan fungsi dari harapan dan penilaian.” Expectancy value dikenal dengan model ARCS, yaitu :
· Attention (perhatian). Sebaik apapun persiapan mengajar guru, bila siswa tidak ada perhatian, proses pembelajaran tidak akan berjalan.
· Relevance (kesesuaian). Berkenaan dengan aspek ini, guru mengaitkan. pembelajaran dengan kebutuhan minat siswa.
· Confidence (rasa percaya diri). Dalam hal ini guru dituntut, untuk membantu siswa mengembangkan keberhasilan dalam pembelajaran.
· Satistaction (kepuasan). Berkenaan dengan aspek ini guru dituntut mengusahakan motivasi intrinsik dan ekstrinsik pada siswa.
d. Ornstein (1993) menyatakan bahwa, “ Dalam pembelajaran, faktor kunci yang akan mengembangkan dan memelihara motivasi siswa adalah pengajaran yang baik serta guru yang mengusahakan pengembangan pribadi dan sosial siswa secara total.”
e. Mangun Wijaya (1998) berpendapat bahwa : “Kelas harus menjadi peristiwa perjumpaan antar pribadi yang saling mengasihi dan kemitraan yang saling memekarkan persaudaraan yang menggembirakan.”
f. Penggunaan media diatas sesuai dengan lembaga persatuan pendidikan yang bernama Association for Education and Comunication Technology (1993) yang menyatakan bahwa media adalah segala bentuk yang dipergunakan untuk proses penyaluran informasi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar